ARY PRASETYA: Study Tour Jogja (Pt2): Mon Cœur Le Tenait à La Dérive

Search

ENJOYED THIS!

Minggu, 17 Oktober 2010

Study Tour Jogja (Pt2): Mon Cœur Le Tenait à La Dérive

Bru nyampe, rasanya badan pegal". Itu wajar terjadi kalo pergi jauh (bukan minggat lho ya!!). Ah, yang penting sekarang sarapan dulu aja.
Gw ma ank" semua se-spensa sarapan di Grafika, Kalasan, Jogja. Restorannya besar, malahan lebih mirip hotel daripada restoran. Selesai nikmatin view di sekitar restoran, Gw langsung cabut ambil nasi, maklum dah laper.
Sebetulnya rumah Om gw di deket" sini,. Tinggal nyebrang jalan, masuk gang dikit, nyampe dah..... Tapi daripada nanti ditinggal, Ketemuan ma Om jangan sekarang lah..
Kita semua antri atu" buat ambil nasi, menunya soup, ma daging. Khusus di bagian daging ada yang njagain. Mbak" cantik lho. Heran! cantik" kok njagain daging, napa ngga jadi kondektur bus aja (lho?). Ah! jadi ngomongin mbak" yang alih profesi jadi kondektur, yg penting makan!
Masalahnya, dari tadi gw diserobot terus. Ga makan" dah!
Akhirnya nasib baek memihak kpada orang yg sabar, dapat nasi yang ekstra lebih banyak tapi misi buat ndapetin daging yang lebih terpaksa dibatalkan.
Setelah makan n kenyang, waktunya mandi. Huh,kalo ngga gara" Arif pake dugem di RS, kita semua udah have fun di Parangtritis, tapi sekarang schedule harus ditata ulang.
Memang sih, smua disuruh mandi. Tapi gw ngga, cuma cuci muka doank (jorok ya?!), tapi itu beralasan. Gw paling ga suka kalo mandi dalam tekanan. Misalnya pas lage enak" mandi, pintu di gedor",
"cepet!! mau mandi juga neeh........!!"
sekalian aja gw langsung keluar kamar mandi n pamer *titit* ma anak" yang lage antri. Gak suka ya!!
Ya udah, daripada pake acara pamer"*titit* segala, mendingan gw ga usah pake acara mandi lama".
Selesei mandi, Gw ma temen" pergi ke Museum Dirgantara. Museum tuh isinya artefak" TNI AU yang kita banggain, (tunggu!! artefak.....?!?! kaya zaman purba aja) pokoknya isinnya 2 mulai pesawat, mesin pesawat, n tetek bengeknya Angkatan Udara kita. Museum nie berloksi di komplek Lanud Adisutjipto, Jogja. Deket ama kantor om gw yang kerja di bagian ATC (Pengatur Lalulintas Udara alias tukang ngobrol ama pilot). Kalo gw mau, bisa aja gw kabur ke kantor om gw. Tapi masalahnya komplek Bandara (Lanud) 2 ga sekecil komplek TK. Lari" dari museum ke kantor Om gw 2 sama ja nyiksa kaki. Jadi acara ketemu Om harus ditunda lage.
Di dalam museum kita dibawa menuju ke tahun 1940-an silam, banyak bekas" pesawat" yang di gunain waktu perang kemerdekaan disimpan disini. Karena menarik gw mutusin, untuk jeprat-jepret sana-sini, meskipun cuma pinjem kamera temen, ga apa lah.
Mood gw buat jeprat-jepret, ancur saat gw liat Mrs.K melintas. Hmpf....., kapan bisa jalan bareng ama dia, huh. Yang ada sekarang gw jalan ama Randhi. Tapi biarin lah Mrs.K kaya gitu. Kalo kita nyayangin seseorang, kita harus mbiarin dia bebas.
Foto-Foto




Kunjungan ke Museum dirgantara selesai, jujugan selanjutnya Museum Biologi ma Museum Sudirman.
Di Museum Sudirman, gw ma temen" dibawa ke sebuah ruangan kaya aula gitu. Di depan ada seorang tua (penjaga museum) yang duduk di kursi kayu. Gw ma temen" duduk di kursi kayu juga yg disediain ma pihak museum. Lucunya, Pak yg tadi tuh punya gaya yang unik. Sambil jelasin apa" aja yang ada di Museum ni, kepala beliau miring" ke kiri lambat n balik lagi ke kanan cepet banget. Temen" merhatiin sambil ktawa" ga jelas. Kasihan bangsa ini, generasi mudanya sibuk niruin gaya Pak Penjaga Museum yang kaya mesin tik.

Tampak depan Museum Sudirman (gagah.......)
Setelah nikmatin gaya geleng" slow-motion si Pak tadi, kita keliling liat benda" peninggalan Panglima Besar Sudirman, Indonesia patut bangga punya putra bangsa kaya beliau.
Seperti yg udah disebutin diatas, tujuan berikutnya adalah Museum Biologi, disana banyak macam" jenis tumbuhan ma hewan yang diawetkan. Kebanyakan temen" berdiri di depan stan tempat lutung yang di awetin sambil nyamain wajah. Ternyata si lutung mukanya kaya Randhi ga dibeliin es, memble..........
Ini Randhi, Terbukti memble........

Untung ga ada manusia yang di awetin, kalo ada pasti udah dipacarin ma Tio yang playboy. Hhaha.
Yang ini Tio, ganteng ngga??

Ya seperti itulah Tio, ga kaya Gw. Gw tuh tipikal cowo yang ngga disukain ma bangsa manusia atopun bangsa jin. Cuman Mrs.K yang mau nerima gw apa adanya. Sayang, dia ngga disini.
Setelah puas myamain wajah ma lutung, liat harimau ato buaya yang di awetin, ato melek-merem liat gambar orang di makan ular (hhi
, bagi yang punya Ophidiophobia ato phobia ama ular disaranin merem kalo liat foto itu)













Gw (tengah"), Ade (jaket zebra), Machda (sisanya) di depan Museum Biologi (genting ijo..)

Cabut naik ke bus lagi, tenyata di dalem
panas bgt, masing" manusia di dalam bus nurutin nalurinya buat ngilangin panas. Misalnya gw nyari buku bwt kipas", Ari F nyari aer, Ade tereak" idupin AC, Randhi...... dia ngibar"in bibirnya (ngaruh ya???)
Tujuan berikutnya Keraton Jogja, Sultan Palace, Kraton Ngayogyakarta Hadiningrat ato apalah. Pokoknya kita kesana.

aNak Spensa (background: Keraton Yogya)
Disana masuk bayar dulu. setelah masuk, gw ma temen" langsung hunting turis manca buat diajak foto"an (misi bwt image, biar dikira pinter Bahasa Inggris). Abes ntu kita masuk ke museumnya. Kita se-spensa ditemenin Pak Abdi Dalem (Pegawai Keraton) yang dalam kasus ini berperan sebagai Guide kita (kaya sinetron aja, peran). Pak Guide tadi jalan di depan trus kita se-sekola ngikutin dibelakangnya (kaya induk bebek ma ank"nya).
Susah punya temen aneh" misalnya Machda. Dia ngeyel minta foto di depan kompor kuno (lebih mirip kompor di rumah), maksudnya apa? mungkin kalo dah besar Machda pengen jadi tukang reparasi kompor.

nie fotonya...............
Machda pun ngajak gw buat mfotoin dia ama Pak Guide yang tadi. Mereka lebih mirip dua algojo yang ngga dapet job buat ngehukum mati se"org. Tapi gaya Pak Guide boleh juga, dikit" minjem ilmu narsisnya Machda.

Machda bersama Pak Guide (2 algojo)

Selesai keliling" di Kraton, anak" mulai memuaskan hasratnya. Gift centre di luar komplek diserbu untuk shopping. Ada yang beli baju, kalung.
Diantara para pembeli gw liat Vhivhiy yang beli kalung yang bentuknya keris"an yang menempel diatas hati (kalungnya ada 2 buah jadi satu, kalung couple gitu)
Sebuah kalung yang norak, model pasaran, pasti abes ni ada 5-10 orang yang pake kalung ini.......

Setelah cari" informasi, ternyata tujuan berikutnya makan siang di Ambar Ketawang

Nyampe di Ambar Ketawang, ternyata pemandaangan di sekitar restoran indah banget. sebuah restoran mewah yang dikelilingi persawahan. Setelah ntu Gw langsung cabut ke stan makanan. dan................
ternyata menunya sama aja kaya di Grafika (Sup, Nasi, Daging), tapi ada capcay juga se, ya udah ambil itu aja. Biar beda................
Makannya di ruangan luas kaya aula, lebih mirip makan di kondangan daripada di restoran. Masa bodo lah yang penting kenyang.......
Selesei makan gw keluar, di luar ternyata anak" lage asik foto"an. hmpf........... (demam narsis telah melanda dunia, Waspadalah!!)

Perjalanan dilanjutin ke Parangtritis, perjalanan ke Parangtritis gw awali dgn tdur siang. Berharap kalo nanti bangun, udah nyampe.
Ternyata lain yang terjadi ma yang diharap. Pas gw bangun, kita smua blom nyampe. Temen" malah sibuk ngejailin anak yang lage tdur. Untung gw ga kena kejailan mereka". Sasaran pertama 2 Alun, kali ni dia dikerjain dengan masukin permen ke mulutnya, setelah berhasil 2 buah trus difoto. Sayangnya pas tombol "capture" mw dipencet. Alunnya bangun sambil tereak" "pedes..... pedes....." Maklum yang dimasukkin permen mint. Mission Failed!!!!
Sasaran kedua Hawwa, setelah 2 permen mint berhasil ditancapkan, bonus bungkus ting" jahe yang digulung. Nah, difoto dah. Foto yang bagus. Foto" yang kaya gini yang didemenin ma produser sinetron.

Malu"in..............
Lagean Hawwa pernah bilang kalo wajahnya ga jauh ama Asmirandah. Kalo gw bilangnya, Hawwa 2 cwe yang iseng" maen ke pabrik abu, trus nyungsep. Abu" dah mukanya.......

Kita semua akhirnya sampe di Parangtritis. Kata Bu Rika (Guru gw) di Parangtritis ga boleh pake baju warna ijo. Gw pun g mau cari mati. Langsung ganti baju aja.
Soalnya disini ne, banyak kejadian aneh". Misalnya, pernah ada orang buang hajat di tepi pantai. Yang terjadi, tiba" orang itu ilang n ga kembali. Cuman ketemu kolornya doank.
Seperti kata pepatah "Gajah mati meninggalkan gading, Harimau mati meninggalkan belang, n Orang buang hajat mati meninggalkan kolor.......". Kejadian kedua ada dua orang pacaran. Mesra"an sambil nyelupin kaki di air laut. Trus mereka ilang semua, yang ketemu cuma cewenya, tapi udah ga bernyawa. Inalilahiwainailahirajiun................
Di Parangtritis, gw ngerasa hydrophobia banget. Ngapain gw kaya gini, manja banget......
Tapi itu memang terjadi, gw ga berani ndekitin aer sama sekali......... ga seru!!!
ya udah, foto-fotoan aja. Itupun ga ngebangkitin mood gw, anjrott.....!!!!!

Nie foto pas di Parangtritis:

Dari kiri: Rama, Randhi, Pak Hadak, Gw, Opank. N Machda(Jaket item n make blangkon)

Dari Kiri: Nikita, Bu Rika, Rama, Machda

Slesai dari Parangtritis, dah kesorean. Smua mnaek ke bus n ada pemandangan laen disana......
1. Pedagang asongan:
Mereka nawarin barang super canggih (versi mereka) ke anak" spensa yang pinter tapi dodol juga. Barang yg mereka tawarkan tu USB Charger, kira" kaya gini bentuknya

Katanya charger ni berguna bagi Manusia" pelupa, yang ninggal charger hapenya di rumah. Anak" nyerbu beli (ketahuan bego n pelupa semua). Tapi ternyata setelah di coba, rupanya nie charger cuman buat mertahanin baterai biar ga cepet abis, bukan untuk ngisi baterai yang abis. Trus yang hapenya udah kadung lowbat gimana?? ya lowbat beneran..

2. Pengamen
Ada seorang pengamen yang masuk ke salah satu bus, dengan wajah lembut beliau nyapa anak" yang muka ketekuk" gara" ga boleh renang di Parangtritis ma Bu Rika.
"Selamat sore anak-anak. Wah! udah capek kliatannya. Dari Malang ini khan??" Sapa pengamen itu.
"Bukan..........!!" tereak anak" mirip paduan suara.
"Surabaya.....??" tebak pengamen itu.....
"Bukan..........!!" tereak anak" lagi
"Bandung......??" tebak pengamen itu lagi.....
"Bukan..........!!" tereak anak" sekali lagi
"Banyuwangi..........??" tebak pengamaen sekali lagi, dan kali ini benar...
" ya......!!!!!" tereak anak" disertai apaluse 7 menit.......
(Heran, kota gw ga terkenal banget).......

Buspun melanjutkan perjalanan. Kita nyampe tujuan terakhir di hari ni, yaitu hotel. Kata Bu Rika alamat hotel tempat kita nginap, di Jalan P.Mangkubumi. (Wah, asik tuh buat pacaran).

Jalan Pangeran Mangkubumi
Kalo ngga salah, nama hotelnya Hotel Bhineka.

Udahlah, pokoknya sekarang gw ma Yanda kebagian tugas baru yaitu ngisiin gelasnya anak". Jadi singkatnya, Gw ma Yanda "penjaga dispenser" gitu.
Kasian anak", wajahnya memelas kaya pengungsi gempa yang udah seminggu ga liat aer..........
=D

Entah ngapa, hari ni gw bawaannya ngantuk aja. Ya udah, abes ndengerin lagunya D'Masiv yang enak-enak, gw pun tertidur berharap nanti kalo bangun, kita semua dah nyampe di hotel.
Ternyata yang terjadi, kaya di Parangtritis tadi. Pas gw bangun, kita smua blom nyampe. Hdoh, mana ACnya dingin banget. Gw jadi beku, kaya nugget (tepatnya nugget bergigi....).
N ternyata kita masih nglintas di Jalan Tentara Pelajar, berarti masih jauh utk ke Jalan P.Mangkubumi. Dan otomatis, kesempatan gw jadi nugget bergigi masih lama..........

Setelah lama penantian, akhirnya kita semua nyampe di hotel. Keluar", gw kaya es batu.......
brrrrrrr.................

TO BE CONTINUED

Tidak ada komentar:

Posting Komentar